InvestHub

*Disarankan menggunakan laptop/PC untuk mengakses halaman ini

Hai kamu generasi millennial dan generasi Z!

Siapkah kamu dengan masa depan? Bersama fakta bahwa harga barang dan properti yang melambung tinggi, serta biaya hidup yang terus meningkat, ditambah lagi potensi masalah ekonomi yang timbul dari mudahnya berutang, kebebasan mencicil, gaya hidup FOMO?

Ayo bersiap dengan dimulai dari perencanaan keuangan. Jika ingin kekayaan kita bertumbuh, berinvestasi adalah jawabannya.

Sebelum berinvestasi, kenali dulu musuh terbesar kita, yaitu gaya hidup atau lifestyle! Jangan sampai ya, kamu menganut gaya hidup belanja duluan, bayar belakangan, dan yang penting gaya. Segera ganti dengan Gaya Hidup Sadar Investasi.

Kalau kamu masih merasa bahwa:

  1. Investasi di pasar modal berisiko tinggi dan sulit;

  2. Investasi hanya untuk orang kaya;

  3. Pusing dengan angka-angka dan teknologi dalam berinvestasi;

  4. Saham itu judi

  5. Takut tertipu oleh investasi bodong

Penting! jangan sampai terjebak investasi bodong.

Ciri-ciri Investasi Bodong:

  1. Penawaran investasi dengan janji-janji palsu.

  2. Penawaran investasi PASTI untung.

  3. Penawaran investasi yang memaksa atau dengan bujuk rayu (biasanya dengan mangaburkan produk investasinya).

  4. Modus investasi dengan skema member get member, misalnya berkedok MLM dan juga penguncian dana.

  5. Penawaran investasi dari perusahaan yang tidak jelas. Biasakan untuk mengecek izin perusahaan investasi terlebih dahulu di OJK.

 

#JADIINVESTORCERDAS DENGAN 3P

PAHAM kondisi keuanganmu, risiko dan tujuan investasi, serta produk yang akan dibeli.

PUNYA aset investasi yang sesuai profil risiko kamu, serta memilih perusahaan investasi yang tepat dan pastinya terdaftar di OJK.

PANTAU perkembangan portofolio asetmu secara berkala agar bisa memanfaat momen tepat untuk top-up atau merealisasikan keuntungan.

Dengan memahami konsep 3P kamu dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada investor pemula, seperti:

  1. Fear Of Missing Out (FOMO)

  2. Panik atau kalap terhadap fluktuasi

  3. Investasi dengan dana utang

  4. Memborong habis di awal

  5. Tidak punya trading atau investing plan

  6. Menelan rekomendasi mentah-mentah

  7. Tidak melakukan diversifikasi

  8. Tidak mau upgrade diri dengan ilmu pengetahuan

 

Fun Fact! Saat ini sudah ada semakin banyak investor di Pasar Modal Indonesia yang bahkan mulai mengalahkan dominasi investor institusi dan investor asing. Jangan ragu untuk berinvestasi karena ada banyak indikator yang menyatakan prospek Indonesia semakin baik.

Untuk mendampingi pengalaman berinvestasimu, BEI menyediakan Sekolah Pasar Modal (SPM) dalam berbagai level pemahamanmu tentang pasar modal, bekerjasama dengan Perusahaan Sekuritas, Manajer Investasi, Analis Pasar Modal dan stakeholder pasar modal lainnya. SPM ini diselenggarakan secara rutin di 30 Kantor Perwakilan BEI di seluruh Indonesia, baik secara tatap muka maupun online yang jadwalnya bisa dilihat di media sosial resmi BEI



SPM LEVEL 1

Calon investor diharapkan dapat mengikuti kelas SPM Level 1 sebelum membuka rekening Efek atau rekening reksa dana agar mendapatkan bekal yang cukup untuk mulai berinvestasi. Lebih dari itu, calon investor akan didampingi secara langsung oleh Perusahaan Sekuritas dalam proses pembukaan rekening Efek, pengenalan aplikasi online trading, dan berpraktik dengan peserta SPM lainnya untuk menjajal transaksi saham perdanamu.

Menu SPM Level 1:

  1. Pilihan produk Investasi

  2. Memulai langkah berinvestasi di pasar modal

  3. Memahami pasar modal dan produk pasar modal

  4. Memahami Peran BEI dan Struktur Pasar Modal Indonesia

  5. Memahami informasi perdagangan di Bursa Efek

  6. Mengenal dasar-dasar analisis efek

  7. Membuka rekening efek secara online

Self-reading Material SPM Level 1

  1. Struktur Pasar Modal Indonesia


  2. Produk Pasar Modal 1: Saham dan Obligasi

    Pahami lebih banyak di sini:



  3. Informasi Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia


  4. Produk Pasar Modal 2: Reksa Dana

    Pahami lebih banyak di sini:

Beberapa Video SPM Level 1 yang tersedia di website ini merupakan pendukung materi kelas dan hanya menyediakan beberapa modul saja dari seluruh menu SPM Level 1. Jadi tetap luangkan waktu untuk mendaftar dan mengikuti SPM Level 1.

Buka Rekening Online
Setelah membekali diri dengan dasar-dasar pengetahuan pasar modal di atas, yuk kita segera membuka rekening efek. Beberapa sekuritas di bawah ini menyediakan fasilitas pembukaan rekening saham secara online.



SPM LEVEL 2

SPM Level 2 hanya bisa diikuti oleh investor yang sudah memulai bertransaksi saham, dan biasanya diselenggarakan oleh perusahaan sekuritas tempat investor membuka rekening Efek. 

Menu SPM Level 2

Merupakan pembekalan terkait aplikasi online trading dan pelajaran analisis Efek supaya investor mampu melakukan analisis yang baik sebelum membuat keputusan investasi, yaitu:

  1. Analisis Fundamental

  2. Analisis Teknikal

Website ini tidak menyediakan video SPM Level 2. Hubungi Kantor Perwakilan BEI terdekat atau sekuritas kamu untuk mendapatkan kelas SPM Level 2 secara gratis.




SPM Lanjutan

Website ini menyediakan beberapa modul untuk kamu yang tertarik untuk mempelajari pasar modal lebih dalam, baik dari sisi produk, mekanisme, maupun layanan pasar modal. Silahkan menyimak modul yang menarik untuk kamu pelajari

  1. ETF Part 1: Mengenal Exchange Traded Fund (ETF)

    Pahami lebih banyak di sini:


  2. ETF Part 2: Memilih Produk ETF


  3. Mengenal E-IPO

    Selengkapnya:


  4. Mengenal SIPF

    Selengkapnya:

 

PRODUK & LAYANAN BEI LAINNYA

Selain yang disebutkan pada 3P Paham Punya Pantau tadi, ada juga berbagai layanan lain dari Pasar Modal Indonesia, diantaranya adalah:

  1. Layanan Data BEI
    BEI menyediakan berbagai solusi produk Data Pasar yang dikembangkan untuk memberikan informasi kepada publik agar dapat membuat keputusan yang tepat. Produk Lisensi yang disediakan oleh BEI berupa IDX Market Data, IDX Data Reference, IDX Publication, IDX Index License, dan IDX Connection License. Produk-produk tersebut bersifat real time, delayed, end of day maupun historical yang dapat digunakan oleh berbagai institusi terkait di Pasar Modal Indonesia.


  2. Galeri Investasi BEI
    Galeri Investasi BEI (GI BEI) adalah sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini yang merupakan kerja sama antara BEI, Perguruan Tinggi, dan Perusahaan Sekuritas. Keberadaan Galeri Investasi BEI diharapkan tidak hanya memperkenalkan Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi juga pada praktiknya. Galeri Investasi BEI juga menyediakan real time information untuk belajar menganalisis aktivitas perdagangan saham yang diharapkan dapat menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan dan praktiknya di pasar modal.


  3. Perpustakaan Pasar Modal
    Kamu bisa memperoleh data & informasi pasar modal yang dapat diakses secara online. Kamu bisa memiliki akses ke data seperti laporan keuangan, data perdagangan, aksi korporasi, prospektus, dan data statistik lainnya yang didapatkan langsung dari para pelaku utama pasar modal Indonesia melalui aplikasi Perpustakaan Digital Pasar Modal RIDMI di smartphone kamu.



  4. Sertifikasi & Pelatihan
    Bagi kamu para investor dan profesional yang ingin lebih paham lagi serta ingin meningkatkan pengetahuan dan keahlian di bidang pasar modal, kamu bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh The Indonesia Capital Market Institute (TICMI). TICMI merupakan satu-satunya lembaga pendidikan dan pelatihan pasar modal yang sekaligus menyelenggarakan ujian sertifikasi profesi pasar modal di Indonesia. Kamu bisa mengikuti berbagai workshop dan program sertifikasi yang diselenggarakannya.

    Informasi terkait pendidikan sertifikasi pasar modal, antara lain dapat diperoleh di sini:

    Kamu juga bisa belajar lebih mendalam tentang surat utang melalui program edukasi terstruktur yang diselenggarakan oleh IBPA bernama School of Bonds and Fixed Income (SoBFI).

  5. IDX Virtual Investing
    IDX Virtual Investing merupakan sebuah perangkat atau alat simulasi perdagangan Efek sebagai sarana edukasi yang dapat kamu gunakan untuk berlatih melakukan transaksi Efek. IDX Virtual \Investing menyajikan simulasi transaksi Efek dengan menggunakan real data sehingga akan memberikan sensasi yang nyata sebagai investor di pasar modal.


  6. Kunjungan Virtual BEI
    Dalam rangka melaksanakan program edukasi masyarakat mengenai Pasar Modal Indonesia, BEI menerima kunjungan virtual masyarakat. Jika kamu rekan-rekan kamu di sekolah, kampus, instansi atau perusahaan berminat melakukan kunjungan virtual di BEI.

Kamu juga bisa langsung mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan Galeri Yuk Nabung Saham melalui virtual tour

Gagal Mengirim Data Tutup

Jangan ragu untuk memberikan informasi dan tanggapan Anda kepada kami

Kirim

Terima kasih atas kritik dan saran anda