Belajar Pasar Modal

Selamat Datang di Pasar Modal Indonesia


Hai Sobat IDX!

Selamat datang di dunia pasar modal. Sebelum memulai journey investasimu, yuk kita pahami sedikit tentang pentingnya berinvestasi. Silakan menonton video berikut ini:


Video Pentingnya Berinvestasi

 

Mengenal Produk-produk Investasi di Pasar Modal

Setelah mengerti alasan berinvestasi, kenali beberapa produk investasi yang ditawarkan oleh pasar modal. Tapi sebelumnya, pasar modal itu sebenarnya apa sih? Pasar modal adalah sarana bertemunya perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain, dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dana mereka. Untuk mendapatkan pendanaan, perusahaan atau institusi tersebut menerbitkan saham atau surat utang, dan masyarakat pemodal (investor) yang men”dana”i perusahaan maupun institusi tersebut dengan membeli instrumen tersebut di pasar modal baik secara langsung, maupun dalam bentuk reksa dana. Karena itu pasar modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara. Selain saham, obligasi, dan reksa dana, pasar modal juga memperdagangkan bentuk lain seperti waran, right, dan produk derivatif lainnya.

Karena itu, kita perlu mengenal berbagai produk investasi di pasar modal, karena produk investasi yang dipilih harus disesuaikan dengan informasi pada pada video sebelumnya yang telah dipelajari:

  1. Tujuan investasi, apakah kebutuhan jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang.

  2. Risk appetite (atau “selera risiko”), apakah suka risiko tinggi, atau risiko yang sedang-sedang aja, atau yang relatif aman.

  3. Jumlah dana untuk investasi yang secara rutin yang akan diinvestasikan. Hal ini penting, karena dana untuk investasi BEDA DENGAN dana untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Untuk mendapat gambaran awal, simak video berikut ini:


Video Keuntungan Investasi di Pasar Modal

 

Ikuti Sekolah Pasar Modal Level 1

Untuk mendampingi pengalaman berinvestasimu, BEI menyediakan Sekolah Pasar Modal (SPM) dalam berbagai level pemahamanmu tentang pasar modal, bekerjasama dengan Perusahaan Sekuritas, Manajer Investasi, Analis Pasar Modal dan stakeholder pasar modal lainnya. SPM ini diselenggarakan secara rutin di 30 Kantor Perwakilan di seluruh Indonesia, baik secara tatap muka, maupun online.

Calon investor diharapkan dapat mengikuti kelas SPM Level 1 sebelum membuka rekening efek maupun reksadana, agar mendapatkan bekal yang cukup untuk mulai berinvestasi. Lebih dari itu, calon investor akan didampingi secara langsung oleh sekuritas dalam proses pembukaan rekening efek, pengenalan aplikasi online trading sekuritas, dan berpraktek dengan peserta SPM lainnya menjajal transaksi saham perdanamu.

Berikut menu SPM Level 1:

  1. Pilihan produk Investasi

  2. Memulai langkah berinvestasi di pasar modal

  3. Memahami pasar modal dan produk pasar modal

  4. Memahami Peran BEI dan Struktur Pasar Modal Indonesia

  5. Memahami informasi perdagangan di Bursa Efek

  6. Mengenal dasar-dasar analisis efek

  7. Membuka rekening efek secara online

Beberapa Video SPM Level 1 yang tersedia di website ini merupakan pendukung materi kelas, dan hanya menyediakan beberapa modul saja dari seluruh silabus SPM Level 1 di atas, untuk itu tetaplah menyediakan waktu untuk mendaftar dan mengikuti SPM Level 1 jika kamu tertarik untuk berinvestasi di pasar modal. Berikut adalah beberapa modul SPM Level 1 yang tersedia di website ini:

  1. Struktur Pasar Modal Indonesia



  2. Produk Pasar Modal 1: Saham dan Obligasi

    Klik di sini untuk penjelasan lebih lanjut terkait:

    - Saham
    - Obligasi

  3. Informasi Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia


  4. Produk Pasar Modal 2: Reksa Dana

    Klik di sini untuk penjelasan lebih lanjut terkait Reksa dana

 

Buka Rekening Online di Perusahaan Sekuritas #dirumahaja

Setelah membekali diri dengan dasar-dasar pengetahuan pasar modal di atas, yuk kita segera membuka rekening efek. Beberapa sekuritas di bawah ini menyediakan fasilitas pembukaan rekening saham secara online.


Sekolah Pasar Modal (SPM) Level 2 dan SPM Lanjutan

SPM Level 2

SPM Level 2 hanya bisa diikuti oleh investor yang sudah memulai bertransaksi saham, dan biasanya diselenggarakan oleh sekuritas tempat investor membuka rekening efek. Materi SPM Level 2 adalah pembekalan terkait aplikasi online trading, dan pelajaran analisa efek, supaya investor mampu melakukan analisa yang baik sebelum

  1. Analisa Fundamental

  2. Analisa Teknikal

Website ini tidak menyediakan video SPM Level 2. Hubungi Kantor Perwakilan BEI terdekat atau sekuritas kamu untuk mendapatkan kelas SPM Level 2 secara gratis.

SPM Lanjutan

Website ini menyediakan beberapa modul untuk kamu yang tertarik untuk mempelajari pasar modal lebih dalam, baik dari sisi produk, mekanisme, maupun layanan pasar modal. Silahkan menyimak modul yang menarik untuk kamu pelajari

  1. ETF Part 1: Mengenal Exchange Traded Fund (ETF)

  2. ETF Part 2: Memilih Produk ETF

  3. Mengenal E-IPO

  4. Mengenal SIPF

  5. Lainnya

 

Virtual Tour: Mengunjungi Bursa Efek Indonesia dan Galeri Yuk Nabung Saham

Apakah kamu ingin mengunjungi Mainhall Bursa Efek Indonesia dan melihat Galeri Yuk Nabung Saham dari dekat?
Sekarang mudah sekali, karena sudah tersedia Virtual Tour Kunjungan Bursa Efek Indonesia dan Galeri Yuk Nabung Saham, dengan teknologi 360 yang membuat kamu merasakan berada langsung di dalamnya.

Mau tau seperti apa rasanya berada di Mainhall Bursa Efek Indonesia yang megah dan Galeri Yuk Nabung Saham yang modern dan fun?
Lihat video berikut ini:

 


Video Galeri Yuk Nabung Saham Virtual Tour

 

Hubungi Kami

Apakah kamu ingin mengunjungi Mainhall Bursa Efek Indonesia dan melihat Galeri Yuk Nabung Saham dari dekat?

Apabila terdapat pertanyaan seputar investasi di Pasar Modal, hubungi kami di:

  @indonesiastockexchange
  @Idx_bei
  Indonesia Stock Exchange
  Indonesia Stock Exchange
0800-100-9000
  [email protected]
  www.idx.co.id



Atau kunjungi 30 Kantor Perwakilan BEI di seluruh Indonesia

 

Gagal Mengirim Data Tutup

Jangan ragu untuk memberikan informasi dan tanggapan Anda kepada kami

Kirim

Terima kasih atas kritik dan saran anda